30 Ide Bisnis Kreatif Untuk Anda Lakukan Di 2021

30 Ide Bisnis Kreatif Untuk Anda Lakukan Di 2021

Kreativitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Apalagi, kini banyak bisnis yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya karena kurangnya inovasi ide bisnis yang mereka tawarkan. Untuk mempertahankan sebuah usaha, Anda perlu memiliki ide bisnis yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga membedakan Anda dari kompetitor. Nah, artikel ini akan mengajak Anda untuk melihat 30+ ide bisnis kreatif yang bisa dijadikan inspirasi. Selamat membaca!

Di bawah ini kami membahas lebih dari 30 ide bisnis kreatif yang meliputi berbagai industri — dari kuliner hingga digital. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa dari usaha ini memerlukan keahlian tersendiri yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat, seperti desain, musik, dan memasak. Oleh karenanya, Anda perlu mempertimbangkan ilmu yang dimiliki sebelum memulainya.

1. Camilan Unik

Bisnis camilan memang terdengar umum, tetapi selalu ada hal baru yang bisa dilakukan agar beda dari produsen lainnya. Coba saja Anda perhatikan. Dari tahun ke tahun pasti ada saja jenis camilan unik yang menjadi populer. Salah satu contohnya adalah berbagai camilan dengan bumbu rasa telur asin yang digemari masyarakat beberapa tahun belakangan. Bahkan, salah satu brand produsen makanan ringan tersebut, Irvins Salted Egg, telah dikenal di pasar Asia Tenggara.

Seperti contoh tersebut, Anda tidak harus menciptakan ide cemilan yang sepenuhnya baru agar beda dari yang lain. Camilan yang unik bisa saja merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada. Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini bisa dilakukan siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya pekerjaan sampingan.

2. Katering Sehat

Katering atau jasa boga adalah salah satu bentuk bisnis yang sudah ada sejak lama dan umum di masyarakat. Saking umumnya, mungkin ada beberapa dari Anda yang memiliki kerabat atau teman yang menjalankan bisnis ini. Namun, Anda juga bisa membuka bisnis katering non-konvensional. Katering sehat adalah salah satu contohnya.

Makanan yang disediakan katering sehat biasanya disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Misalnya, seseorang yang melakukan food plan mayo akan ditawarkan menu-menu dengan kandungan garam yang rendah. Oleh karena itu, bisnis ini mengharuskan Anda untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kondisi kesehatan dan gizi makanan. Jika tidak, Anda perlu bekerjasama dengan ahli gizi.

Katering jenis ini memang sedang digandrungi di kota-kota besar. Gorry Gourmet, contohnya, adalah jasa katering sehat asal Jakarta yang menyediakan menu untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes dan kanker. Walau demikian, pasar katering sehat belum begitu ramai di daerah-daerah lain.  Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menjadi seorang pelopor.

3. Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Kesibukan masyarakat yang kini kian meningkat menimbulkan kecenderungan untuk bersantap di luar rumah. Padahal, orang bisa lebih berhemat dengan memasak sendiri — terutama bagi yang sudah berkeluarga. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk berbelanja dan menyiapkan masakan di rumah.

Berawal dari permasalahan ini, Anda bisa membuka usaha bahan masakan siap masak yang belum dikenal secara umum di Indonesia. Kesulitan membayangkan konsepnya? Anda bisa melihat apa yang sudah dilakukan iCook. Usaha kuliner asal Malang ini menawarkan berbagai menu masakan, tetapi dalam kondisi belum dimasak. Kendati demikian, bahan-bahannya sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar. Intinya, konsumen hanya tinggal memasaknya. Bagi Anda yang suka memasak atau menciptakan menu sendiri, tentunya ide bisnis ini tidak boleh dilewatkan.

4. Usaha Roti dan Kue

Mungkin Anda akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?” Alasannya sama dengan yang telah disebut di pembahasan mengenai bisnis camilan unik tadi. Meskipun sudah banyak bakery yang memiliki nama, ada banyak kreasi baru yang dapat Anda ciptakan. Kuncinya adalah kreatifitas. Babe Bakery, misalnya. Usaha bakery asal Jakarta ini menawarkan beragam pilihan roti tanpa pengawet — ide yang masih jarang ditemui.

5. Jual Barang Antik

Tak sedikit orang dari kalangan lanjut usia yang rindu akan produk-produk atau teknologi zaman lawas karena ingin bernostalgia. Ada juga kawula muda yang memiliki selera antik. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak komunitas barang pace dulu. Oleh karena itu, bisnis jual beli barang antik saat ini masih relevan. Sebelum mencoba ide bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui — terutama apabila Anda belum pernah mengenal pasar barang antik.

Pertama, Anda perlu dekat dengan orang atau komunitas kolektor barang dengan nuansa kuno. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis barang apa saja yang biasanya laku. Beberapa contoh benda antik yang sering dicari adalah otomotif, perabot, dan kamera analog. Namun, tidak jarang juga kolektor yang mengincar barang-barang elektronik dari masa lampau untuk dekorasi semata seperti televisi, radio, dan telepon.

Nah, dengan mendekati penggemar benda-benda tersebut, Anda tidak hanya bisa mempelajari kondisi pasar, tetapi juga mencari koleksi barang untuk dijual di lapak sendiri. Karena komunitas barang antik cukup eksklusif, hal ini menjadi sebuah kewajiban bagi penjajanya.

6. Produk Daur Ulang

Seperti yang telah diketahui, sampah telah menjadi masalah lingkungan yang sangat serius. Padahal, ada banyak jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat dikreasikan menjadi produk lain. Di antaranya adalah kaleng minuman, aneka plastik, dan potongan kain sisa produksi pakaian.

Ada banyak produk daur ulang yang dapat dihasilkan dari beragam jenis sampah tersebut. Anda pun tidak harus mendaur ulangnya menjadi produk yang sama. Dari sebuah hasil daur ulang, Anda bisa menciptakan barang-barang baru seperti kerajinan tangan.

Dalam mengumpulkan bahan daur ulang Bardiju tidak hanya mencari sendiri, tetapi juga menerima donasi beragam kertas bekas. Menarik bukan? Selain membantu orang lain, ide bisnis ini bisa Anda contoh untuk meningkatkan kesadaran orang akan perlunya gaya hidup daur ulang.

7. Kerajinan Rotan

Bisnis kerajinan berbahan dasar rotan memang bukan hal baru. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengikuti tren produk yang sudah ada. Native Borneo adalah salah satu produsen kerajinan karpet rotan yang melakukan cara tersebut. Selain karpet yang jadi unggulannya, produk yang dijual berbagai macam, dari dekorasi dinding hingga meja dan kursi lipat. Desain masing-masing barang pun unik dan jarang ditemui di produsen lain. Nah, Anda pun dapat merintis usaha kerajinan rotan seperti contoh tersebut. Meskipun pelaku bisnis dalam industri ini sudah banyak, Anda dapat berinovasi dengan menciptakan barang-barang yang belum pernah dibuat dengan rotan.

8. Florist

Apakah Anda suka merawat tanaman berbunga? Jika ya, membuka usaha florist atau toko bunga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya sekedar menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merangkai buket. Meski jasa ini bisa ditemukan di mana-mana, permintaan buket tidak pernah berkurang. Apalagi ketika musim wisuda. Dijamin bisnis Anda akan dicari-cari pelanggan. Akan tetapi, memanfaatkan momen-momen seperti itu tidaklah cukup. Anda juga perlu memperluas cakupan usaha Anda, seperti Meme Florist yang menerima pengiriman ke berbagai daerah. Ditambah dengan jenis buket atau papan bunga yang disesuaikan untuk berbagai acara, bisnis florist Anda akan mendatangkan banyak pelanggan.

9. Scrap Frame

Ketika berbicara mengenai bisnis body, mungkin yang ada di pikiran Anda adalah pigura kayu yang pengrajinnya bisa ditemukan dengan mudah. Namun, barangkali Anda belum pernah mendengar tentang usaha scrap frame. Kerajinan ini memang berbentuk bingkai, tetapi isinya tidak sekedar foto atau lukisan. Alih-alih, pembuat scrap frame memadukan gambar dengan kertas atau kain yang dijadikan seni tiga dimensi untuk membuatnya lebih menarik.

Salah satu pegiat bisnis ini adalah identity.rumahkertas. Desain scrap body yang dihasilkan bisnis ini dipersonalisasikan untuk berbagai kebutuhan, termasuk ucapan terimakasih, kado pernikahan, dan hadiah ulang tahun. Nah, bagi Anda yang hobi membuat kerajinan tangan dengan bahan kertas, ide bisnis ini patut dicoba karena belum begitu banyak orang yang melakoninya.

10. Desain Uang Mahar

Tidak sedikit pasangan yang ingin mahar pernikahannya terlihat unik. Hal tersebut mendorong kemunculan ide jasa desain uang mahar. Seperti bisnis scrap body, usaha desain uang mahar juga membutuhkan orang dengan keterampilan dalam membuat kerajinan dari kertas, kain, dan pernak-pernik lainnya. Kreasi dari bahan-bahan tersebut digunakan untuk menghias uang mahar pengguna jasa, lalu dimasukkan ke dalam sebuah bingkai agar terjaga kerapiannya.

Meskipun untuk mahar pernikahan, Anda tidak perlu menggunakan uang asli dalam desain yang dibuat. Dengan uang mainan, misalnya, Anda justru dapat membuat desain unik dengan “uang” tersebut. Contohnya dengan melipatnya atau memotongnya untuk membuat objek-objek yang diinginkan.

11. Suvenir Pernikahan Custom

Bagi yang sering diundang ke pesta pernikahan, Anda mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu memiliki desain yang kurang variatif. Ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang tidak biasa, seperti Biebie Gift.

Selain menyediakan berbagai jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan bingkai foto, produsen tersebut juga menerima jasa kustomisasi suvenir pernikahan — tentunya dengan kisaran harga in step with produk dan batas minimum pesanan yang telah ditentukan. Anda dapat membeli barang promosi di atas lewat cara online melalui situs BESTGIFT

12. Clothing Line

Mungkin Anda akan heran mengapa membuka garb line termasuk dalam daftar ide bisnis kreatif, terutama karena pelaku usahanya sudah banyak. Akan tetapi, tidak sedikit orang tanpa pengalaman yang mampu membawa apparel line rintisan mereka ke kesuksesan dalam industri ini.

Salah satunya adalah pemilik logo Pulchra Gallery, yang memulai bisnisnya pada tahun 2013. Walau tidak memiliki latar belakang desain fashion, ia berjuang untuk mendalami ability tersebut. Alhasil, bisnis yang awalnya dilakukan dengan menjual produk orang lain kini telah menjadi garb line orisinil.

Tentunya, ada pula beberapa hal selain kegigihan yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis pakaian dari nol. Pertama, bangunlah sebuah emblem untuk menonjolkan usaha Anda. Tanpanya, garb line Anda tidak akan dikenal di pasarnya.

Tak lupa, pikirkan juga jenis produk pakaian yang ingin dijual. Jika memungkinkan, pasarkan model-model pakaian yang sesuai dengan selera pembeli pada umumnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu berkecil hati jika tidak mampu memasarkan produk sendiri. Coba kenalkan apparel line Anda ke saudara atau kenalan yang menjual produk-produk orang lain. Cara ini efektif bagi pelaku usaha pakaian yang baru memulai.

13 . Desainer Interior

Saat ini, desain indoors adalah salah satu jenis jasa yang paling dicari. Terutama, jasa ini digunakan untuk perkantoran dan toko yang jumlahnya kian menjamur. Hal-hal penting yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha desain interior dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu tenaga dan logistik.

14. Desain Case Handphone

Bagi kebanyakan orang, terutama kalangan muda, memperkeren atau mempercantik penampilan ponsel pintar merupakan sebuah kebutuhan. Salah satu caranya adalah menggunakan case. Selain untuk bergaya, produk ini juga berfungsi untuk melindungi device dari benturan.

Tak hanya case polos, kini konsumen juga menyukai case custom. Bedanya, jenis case ini memiliki gambar atau corak yang dipilih sendiri oleh pembelinya. Untuk memperluas pilihan produk, Anda juga bisa menyediakan lebih dari satu bahan case — misalnya case dengan bahan lentur dan kaku.

15. Dropshipper

Barusan Anda mendengar kata dropshipper. Sebenarnya apa artinya? Pada dasarnya, dropshipping adalah model bisnis dimana Anda menjual barang dari provider atau produsen ke pembeli. Menariknya, sebagai dropshipper Anda tidak perlu memiliki toko atau mengirimkan produk ke konsumen. Sebaliknya, produsen atau supplier lah yang melakukan tugas tersebut, tetapi atas nama Anda.

Pada model bisnis ini, Anda pun bisa mematok harga lebih tinggi dari produsen atau provider. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan untung. Tak hanya itu, modal yang dibutuhkan untuk usaha dropshipping tidak perlu besar. Minimal Anda memiliki katalog berupa internet site dan melakukan pemasaran sendiri.

Yang menjadi tantangan dalam bisnis ini adalah mencari provider atau produsennya. Karena produk tidak melalui tangan Anda terlebih dahulu, Anda perlu memastikan bahwa dealer bisa mengelola pengepakan dan pengiriman dengan baik.

16. Jasa Konsultasi Bisnis

Semua usaha, baik yang sudah memiliki nama maupun yang baru dirintis, memerlukan strategi bisnis yang tepat untuk bisa berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak jarang ada perusahaan yang menggunakan jasa konsultasi bisnis. Inilah alasan mengapa pekerjaan sebagai konsultan perusahaan diincar oleh banyak orang.

Namun, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penasihat bisnis. Tentunya Anda harus mengantongi gelar di bidang ekonomi, pemasaran, maupun bisnis. Tanpanya, para pemilik usaha akan meragukan kualifikasi Anda sebagai seorang ahli bisnis.

17. Event Organizer

Apakah Anda pribadi yang suka membuat konsep acara? Jika ya, membuka usaha event organizer adalah ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi, jasa ini tidak pernah sepi pelanggan — mulai dari acara kantor hingga pameran. Bagi Anda yang memang sudah berpengalaman mengatur berbagai jenis acara, pekerjaan event organizer bahkan dapat mendatangkan omzet hingga jutaan rupiah according to proyek.

Akan tetapi, bukan berarti usaha ini tidak bisa dilakukan orang-orang yang minim pengalaman. Sebagai permulaan, Anda dapat bergabung dengan tim event organizer milik orang lain. Jika ada teman atau saudara yang menjalankan bisnis serupa, yakinkan orang tersebut untuk merekrut Anda. Dari sini, Anda dapat belajar banyak jenis acara dan konsep-konsepnya.

Ketika sudah siap membuka usaha sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Yang pertama adalah modal untuk membiayai berbagai kebutuhan acara. Hal ini diperlukan karena version pembayaran jasa occasion organizer biasanya dilakukan bertahap. Bahkan, ada juga yang dibayar secara penuh setelah acara berakhir.

Kedua, Anda membutuhkan sebuah tim yang kompak. Mempersiapkan acara tidak bisa dilakukan seorang diri karena mengharuskan penanggung jawabnya untuk melakukan berbagai hal di tempat yang berbeda. Dengan demikian, Anda perlu memiliki setidaknya beberapa orang dengan tugas yang berbeda-beda.

Ketiga, membangun relasi. Tidak hanya untuk memasarkan jasa Anda, tetapi juga untuk mencari associate bisnis.

Hal ini diperlukan agar Anda dapat lebih mudah mencari provider suvenir, penyewaan sound machine, make-up artist, dan jasa-jasa lainnya yang dibutuhkan untuk sebuah acara. Dengan melakukannya, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah untuk berbagai kebutuhan tersebut.

Meskipun terdengar rumit, tidak sedikit orang yang berhasil membawa bisnis occasion organizernya ke kesuksesan dari nol. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda memiliki kemauan untuk mendalami usaha ini.

18. Penyewaan Kostum

Ketika membicarakan acara dengan dresscode kostum, mungkin yang ada di benak Anda adalah pesta anak-anak. Akan tetapi, sekarang tidak jarang juga acara-acara seperti perayaan ulang tahun hingga pesta perusahaan yang menggunakan kostum.

Selain itu, ada pula hari-hari tertentu yang biasanya dirayakan dengan mengenakan kostum yang merepresentasikan momen tersebut. Di hari pahlawan, misalnya, berbagai instansi biasanya mengajak para stafnya untuk memakai kostum tentara, dokter, pahlawan nasional, bahkan pakaian adat.

Akan tetapi, ternyata banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual busana-busana tersebut. Tak hanya itu, beberapa kostum, seperti pakaian daerah dan kostum pesta umumnya dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Hal ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk membuka sebuah usaha penyewaan kostum. Ditambah lagi, belum banyak bisnis serupa yang melayani pelanggan secara on-line.

Mekanisme bisnis penyewaan kostum pun tidak jauh berbeda dengan peminjaman barang lainnya seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Bagi yang baru memulai dan tidak bermodal besar, Anda bisa menawarkan kostum untuk satu target pemasaran terlebih dahulu. Anak-anak misalnya.

Seiring berkembangnya usaha Anda dan pendapatannya, Anda dapat menambah inventori dengan kostum untuk orang dewasa dan berbagai jenis acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *